Top Menu

Dual Boot Dengan Windows 7 (Seven)

By joe

Posted in , , | Tags : , ,

Namanya juga masih versi beta, siapa yag tahu masih banyak ada kesalahan disana dan disini, fiturnyapun masih belum lengkap. Versi beta ini dilepas Microsoft biar Microsoft sanggup memperoleh masukan komentar seputar Windows 7 dari orang-orang yang sempat mencoba versi betanya.

Karena versi beta belum stabil, jangan buru-buru mengganti sistem operasi Anda di komputer dengan Windows 7 ini. Kalau Anda mau mencoba, jadikan Windows 7 ini sebagai sistem operasi sekunder. Buat saya sistem operasi komputer Anda mempunyai dua sistem operasi contohnya Windows XP dengan Windows 7.

 siapa yag tahu masih banyak ada kesalahan disana dan disini Dual Boot Dengan Windows 7 (Seven)

Boot Screen Windows 7

Cek kondisi hardisk Anda dibagi menjadi berapa partisi? Biasanya sih dua, satu untuk sistem operasi dan yang satunya lagi untuk menyimpan data-data dan lain-lain. Nah, cek dulu partisi yang sanggup di pakai untuk instalasi Windows 7 ini. Harap diketahui bahwa WIndows 7 ini butuh ruang hardisk sebesar 16 GB. Buat partisi gres untuk Windows 7 yang sebesar 16GB.

Buat partisi.

Di Windows Vista, dengan mudahnya kita sanggup menciptakan partisi basi dengan cara menklik kanan pada My Computer di Windows Explorer kemudian klik Manager di jendela “Computer Management” >> Storage >> Disk Management >> yang ada di hidangan sebelah kiri. Klik kanan pada partisi yang akan di pecah kemudian klik Shrink Volume, pada boks yang muncul, isikan kapasitas partisi gres di kotak sebelah “Enter the amount of space to shrink”. Isikan jauh lebih besar dari 16 GB, contohnya 20GB atau 25GB kemudian klik Shrink. Tunggulah hingga selesai.

Kalau di Windows XP tidak sanggup menyerupai itu pasalnya, tidk ada aplikasi bawaan di WIndows XP yang sanggup mengotak-atik partisi. Untuk itu kita harus menggunakan aplikasi tambahan, pada artikel ini saya aka menggunakan EASEUS Partition Manager yang sifatnya gratisan. Download aja dari www.partition-tool.com, ukuranya relatif kecil adalah 7,93MB.

Jalankan EASEUS Partition Manager jika sudah di install. Klik partisi yang hendak di buat kemudian klik Resize/Move. Ubah ukuran partisi dengancara menyeret tanda panah di bab paling kanan partisi. Srert hingga angkanya menyerupai yang kita inginkan, lebih besar dari pada 16GB, klik Apply. Kalau sudah muncul kotak, klik Yes, kemudian klik Yes lagiagar komputer merestart.

Setelah terestart, komputer tak pribadi masuk Windows XP, EASEUS Partition Manager membuka partisi gres terlebih dahulu, sesudah itu koputer reboot kembalidan barulah masuk ke Windows XP. Masukan DVD Windows 7 Beta kedalam DVD Rom. Reboot komputer kembali dan biarkan boot mulai dari DVD. Jangan lupa untuk mengatur bios biar booting dilakukan dari DVD-ROM. Pada ketika instalasi Windows 7 beta, pilih partisi yang gres saja di buat. Jangan hingga salah menentukan partisi, bisa-bisa sistem operasi usang Anda dan data-data Anda akan musnah.

Jadikan yang ke dua.

Sekelarnya instalasi, Windows Viena atau 7 akan berjalan . Jangan dulu mencoba-coba, kita atur dahulu biar Windows Viena tidak menjadi sistem operasi yang selalu dijalankan pada ketika komputer dinyalakan. Kita atur dahulu biar Windows lainya yang dijalankan pada ketika komputer di jalankan.

Di Windows Viena, klik logo Windows >> Klik kanan pada Computer >> Proprties >> Pada jendela yang muncul klik “Advance system setting >> Kotak gres muncul dan klik tab “Advance” >> Klik Setting >> yang ada di bawah ” Startup and recovery”. Di bab “Default operating system klik “Early Version Of Windows”. Nah, kini gres deh jelajah Windows Viena.


Sumber https://product.balimediakomputer.com/

Share this story

About The joe

Bali Media Komputer adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengadaan komputer, perlengkapan dan aksesoris komputer. Call Us : 0821 4567 5758

Related Posts

Comments are closed.
btt
BaliMediakomputer.com Toko Online Jual Produk Hardware Resmi Di Denpasar Bali Dengan Pelayanan Tercepat, Aman dan Terpercaya. Call Us 082145675758 - 087762649000 / Email : info@balimediakomputer.com
error: Alert: Content is protected !!