Top Menu

Menghapus File Dengan Kondusif Di Windows (Non Recoverable)

By joe

Posted in , , | Tags : , ,

Di Windows, saat Anda menghapus file, file tersebut sanggup dikembalikan atau di recover dengan sangat mudah. Windows hanya menandai file tersebut sebagai dihapus, namun secara fisik file tersebut tetap ada di hard disk Anda sampai sektor daerah file tersebut di overwrite oleh file lain. Namun jikalau Anda memakai SSD, file yang telah dihapus akan lebih sulit dikembalikan, hal tersebut alasannya TRIM dan garbage collection yang dilakukan oleh controller SSD. Namun meskipun sulit, file-file tersebut tetap sanggup di recover secara utuh memakai aplikasi yang dibentuk oleh pihak ketiga. Jika Anda akan menghapus file yang bersifat belakang layar atau sensitif dan ingin biar file tersebut benar-benar terhapus, berikut yaitu cara untuk menghapus file secara kondusif tanpa sanggup di recover memakai tool kecil bawaan Windows.

Di Windows XP, Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10, mereka mempunyai utilitas yang dijuluki “cipher“. Ia merupakan tool yang sanggup kita gunakan melalui baris perintah untuk mengenkripsi file memakai EFS (Encrypting File System). Selain sanggup dipakai untuk mengenkripsi file, aplikasi kecil ini juga sanggup kita gunakan untuk menimpa ruang kosong hard disk kita sehingga semua data yang telah terhapus benar-benar tidak sanggup dikembalikan.

Untuk melaksanakan hal tersebut, cipher akan berjalan melalui 3 fase. Pada fase pertama, cipher akan mengisi seluruh ruang kosong hard disk Anda memakai data palsu. Pada fase kedua, cipher akan mengisi data palsu tersebut dengan nomor hex 0xFF. Dan yang terakhir, ia akan mengisi ruang kosong tersebut dengan nomor secara acak.

Proses ini sanggup memakan waktu cukup lama, tergantung seberapa besar kapasitas hard disk Anda dan seberapa cepat hard disk Anda beroprasi.

Untuk menghapus file secara kondusif di Windows, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1: Buka command prompt as administrator. Caranya, ketik CMD di Start sajian kemudian tekan Enter atau klik kanan Start sajian dan pilih Command Prompt (Admin).

 file tersebut sanggup dikembalikan atau di Menghapus File Dengan Aman di Windows (Non Recoverable)

Membuka Command Prompt Windows 10

Langkah 2: Setelah jendela command prompt terbuka, ketik perintah berikut ini:

cipher /w:C

Langkah 3: Ubah “C” dengan abjad partisi dari hard disk yang ingin Anda bersihkan kemudian tekan Enter.

Tunggu sampai proses wipe selesai.

 file tersebut sanggup dikembalikan atau di Menghapus File Dengan Aman di Windows (Non Recoverable)

Proses Cipher Wipe Data

Sebelumnya, harap diperhatikan, jikalau Anda memakai SSD, hal tersebut akan menciptakan ekstra penulisan data yang berakibat pada berkurangnya umur SSD Anda. Namun, cipher akan memastikan semua data Anda yang telah terhapus kondusif dari recovery sehingga tidak ada yang sanggup melihat file apa saja yang pernah Anda hapus. Jika Anda memakai hard disk biasa, tidak usah khawatir, chiper tidak akan memperpendek umur hard disk Anda.

Semoga tutorial di atas sanggup membantu Anda untuk mengatasi permasalahan privasi yang Anda miliki. 🙂


Sumber https://product.balimediakomputer.com/

Share this story

About The joe

Bali Media Komputer adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengadaan komputer, perlengkapan dan aksesoris komputer. Call Us : 0821 4567 5758

Related Posts

Comments are closed.
btt
BaliMediakomputer.com Toko Online Jual Produk Hardware Resmi Di Denpasar Bali Dengan Pelayanan Tercepat, Aman dan Terpercaya. Call Us 082145675758 - 087762649000 / Email : info@balimediakomputer.com
error: Alert: Content is protected !!